Guru merupakan profesi yang mulia. Secara umum tugas profesi ini adalah untuk mengajar dan mendidikan peserta didik. Secara kasat mata pekerjaan menjadi guru sangat enak dan mudah. Dengan pakaian rapi dan selalu kerja dalam ruangan. Sehingga banyak masyarakat menyarankan anak-anaknya untuk mejadi guru. Tetapi keadaan dilapangan tidak seindah yang dibayangkan. Tugas guru yang utama mengajar dan mendidik saja sangat banyak terjadi kesalah pahaman antara guru, murid dan orang tua murid. Bahkan banyak pula yang berhujung ke dalam bui demi untuk menciptakan murid yang berkwalitas. Belum lagi dengan banyaknya administrasi yang harus disiapkan oleh guru. Baik administrasi dalam menyiapkan pembelajaran maupun administrasi-administrasi untuk jenjang karirnya. Sehingga harus meluangkan waktu diluar jam kerja menjadi seorang guru. pekerja lainnya sudah istirahat dirumah tetapi guru masih harus menyiapkan administrasi-administrasi yang dibutuhkan dalam mengajar. Untuk mengajar sebuah materi saja guru harus menyiapkan Silabus, RPP, Perangkat Evaluasi.
Silabus secara draf biasanya telah di berikan oleh dinas pendidikan terkait. Tetapi masih harus disesuaikan dengan keadaan sekolah masing-masing. Begitu pula dengan RPP guru harus menyesuaikan dengan keadaan sekolahnya. Sedangkan dengan evaluasi pembelajaran dapat dibagi menjadi 3 aspek yaitu Sikap, Pengetahuan dan Ketrampilan. Jika di sikap biasanya yang digunakan oleh guru berupa penilaian diri dan Observasi beserta lengkap dengan rubrik penilaiannya. Sedangkan Ketrampilan Biasanya evaluasi menggunakan sistem Praktikum dan, Proyek, Project, dan portofolio beserta kelengkapan administrasinya. Pengetahuan biasanya menggunakan soal pilihan ganda maupun esay beserta kelengkapan administrasinya.
Pada penilaian ketrampilan Praktikum biasanya yang perlu disiapkan adalah Lembar Kerja Siswa, Kisi-kisi, Panduan penskoran dan Kartu soal. Dalam hal ini pasti cukup menyita waktu bapak/Ibu guru dalam menyiapkan itu semua. Dibawah ini merupakan Contoh penulisan Kartu soal untuk Praktikum.
KARTU
SOAL PRAKTIK PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA
PELAJARAN FISIKA LINTAS MINAT
SMA X
TAHUN
PELAJARAN 2017/2018
Kelas :
X IPS
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa dapat membuat alat peraga bandul matematis dan melakukan percobaan
getaran harmonis pada ayunan sederhana untuk dapat menunjukkan besarnya periode
dan frekuensi.
Indikator : Siswa dapat mengetahui pengaruh waktu dan jumlah
ayunan terhadap besarnya periode dan frekuensi pada bandul matematis.
Indikator Soal : siswa dapat membuat alat peraga bandul matematis dan melakukan percobaan
sehingga mengetahui besarnya periode dan frekuensi setelah diberikan perlakuan waktu yang berbeda-beda.
Soal : 1. Buatlah alat peraga bandul matematis
2. Lakukan percobaan untuk mengetahui besarnya
periode dan frekuensi pada bandul matematis.
Pedoman Penskoran :
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
||
Sempurna
|
Kurang sempurna
|
Salah
|
||
A.
|
Persiapan
|
|||
1. Membuat satu paket alat bandul matematis
|
10
|
5
|
3
|
|
2. Menyediakan alat-alat percobaan
|
10
|
5
|
3
|
|
3. Menyiapkan bahan-bahan percobaan
|
10
|
5
|
3
|
|
B.
|
Proses
|
|||
1. Melakukan percobaan
|
30
|
20
|
10
|
|
C.
|
Hasil Pengamatan
|
|||
1. Mencatat hasil pengamatan air yang di tampung
|
20
|
20
|
10
|
|
D.
|
Pertanyaan
|
|||
1.
Menjawab pertanyaan
|
10
|
5
|
3
|
|
E.
|
Kesimpulan
|
|||
1.
Membuat kesimpulan
|
10
|
5
|
3
|
|
Skor Maksimum
|
100
|
Jakarta,
Mei 2018
Kepala
SMA X Guru Mata
Pelajaran
X. M.Pd W,
S.Pd
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar